its freedom

its freedom
kebebasan adalah hak setiap manusia

Selasa, 26 Maret 2013

Tips Untuk Mahasiswa Tingkat Akhir



Menjadi mahasiswi semester akhir itu stress engga stress :s Disamping ngejer target untuk skripsi, masih banyak juga tugas-tugas mata kuliah lain yang ga kalah minta deadline secepat kilat L. Kalau dipikirin sih bisa stress sendiri. Baru beberapa minggu masuk semester 8 aja mood udah ga stabil dikarenakan kepikiran tugas yang aiiissshhh, namanya juga mahasiswa des. Pfffft.
Sampe pada akhirnya iseng-iseng searching cara mengatasi stress saat menghadapi skripsi di semester akhir bagi mahasiswa -__-
Tips menghadapi skripsi sebenarnya cukup mudah untuk di lakukan untuk membantu mengatasi stress dan melewati salah satu ujian. Berikut beberapa tips untuk anda yang sedang ataupun akan menempuh skripsi.

Tips menghadapi skripsi
  1. Percaya diri
Tanamkan pada diri anda sikap percaya diri dan yakinkan anda bisa. Hal ini akan menjadi motivasi tersendiri untuk anda yang sedang pusing mengerjakan skripsi. Sikap percaya diri ini merupakan tips menghadapi skripsi yang cukup penting karena hal ini akan sangat berpengaruh pada pembawaan siri anda baik ketika konsultasi dengan dosen pembimbing ataupun ketika anda menghadapi ujian.
  1. Buat target
Buat jadwal kecil untuk menargetkan pengerjaan skripsi anda, baik itu mulai dari pengajuan judul sampai ke pembahasan sehingga segala sesuatunya akan berjalan tepat dengan waktu yang anda jadwalkan.
  1. Kreatif
Kreatif merupakan tips menghadapi skripsi ketika anda menemui kebuntuan. Jika anda belum bisa menemukan ide untuk skripsi, anda dapat menanyakan pada senior anda atu mengjaknya berdiskusi karena bagaimana punjuga, mereka lebih berpengalaman daripada anda.
  1. Jangan pernah putus asa
Tips menghadapi skripsi ini lebih ditujukan bagi anda yang mendapatkan dosen pembimbing yang super sibuk. Jangan pernah anda putus asa untuk terus berusaha menemui dosen anda, karena memang pada dasarnya anda lah yang membutuhkan bimbingan jadi anda perlu berjuang lebih keras. Tips ini dapat anda lakukan juga jika anda sudah mengajukan beberapa usul, namun masih juga ditolak dan sekali lagi jangan putu asa.
  1. Jangan terlalu larut dalam kebingungan
Jika anda mengalami kesulitan dalam membuat pembahasan, jangan sampai anda membuat kerangka hanya dalam bayangan anda. Tuliskan apa yang anda pikirkan karena hal ini merupakan cara untuk memicu otak agar mau bekerja. Apabila anda belum dapat mengerjakannya juga, cari literature yang berkaitan baik dari buku di perpustakaan, thesis ataupun jurnal yang mungkin dapat membantu anda.
  1. Dekati dosen pembimbing
Tips menghadapi skripsi yang terakhir ini juga perlu anda lakukan untuk mengurangi ketakutan ketika anda bertemu dengan dosen pembimbing.
Nah, itulah beberapa tips menghadapi skripsi yang dapat admin sampaikan. Di luar tips yang sudah disebutkan, anda juga harus mengimbanginya dengan berdoa agar segala sesuatunya dapat berjalan lancar.
            Sedikit Tips diatas lumayan bisa jadi pegangan buat berhadapan sama si skripsweet J

Sumber :
http://www.topulerkampus.com/tips-menghadapi-skripsi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar