its freedom

its freedom
kebebasan adalah hak setiap manusia

Selasa, 02 November 2010

Manfaat Donor Darah....

Ternyata selain bermanfaat buat orang lain, donor darah juga bermanfaat untuk kita si pendonor karena dengan mendonorkan darah sumsum tulang kita akan semakin cepat memproduksi sel darah merah baru (menurut artikel kesehatan yang pernah saya baca). Itu artinya, sel-sel darah kita selalu fresh dan badan kita semakin fit.
Ada banyak alasan yang bikin kita ragu untuk mendonorkan darah, diantaranya katanya donor darah bisa bikin gemuk loh. Padahal sampai sekarang belum ada penelitian yang menyebutkan kalo donor darah itu bisa gemukin atau kurusin badan.rasa lapar bisa saja timbul setelah kita mendonorkan darah tapi bukan berarti bisa gemukin badan. Itu sih tergantung pada nafsu makan masing-masing 
Ada juga yang bilang kalo donor darah itu bakal ada virus yang menyebar melalui jarum transfusi. Hal ini memang bisa terjadi, tapi kan yang namanya donor darah itu dilakukan oleh petugas yang sudah dilatih terlebih dahulu. Selain itu biasanya proses donor darah itu steril, jarum ataupun kantong darahnya hanya digunakan sekali.
Alasan lain, terlalu sering mendonorkan darah menyebabkan anemia dan leukemia. Hal ini juga salah,karena yang namanya anemia ataupun leukemia adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh donor darah. Lagipula, sebelum proses donor darah, si pendonor diperiksa dulu kesehatannya. Jelas yang memiliki anemia tidak akan diperbolehkan mendonor darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar