its freedom

its freedom
kebebasan adalah hak setiap manusia

Selasa, 06 Desember 2011

Dampak Positif Pemanasan Global

Selama ini beberapa fakta dan penelitian ilmiah hanya selalu menunjukkan sisi negatif dampak pemanasan global, Namun sebuah penelitian menunjukkan hal yang langka. Ternyata pemanasan global yang selama ini ditakutkan para ahli bisa berdampak baik. Salah satu dampak positif pemanasan global adalah meningkatkan kapasitas pohon dan tumbuh-tumbuhan dalam penampungan karbondioksida. Demikian opini ilmiah yang diterbitkan jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.
Menghangatnya iklim telah merangsang penangkapan juga penyimpanan karbondioksida pada bagian tanaman dalam jumlah lebih besar. Menurut para peneliti, makin banyaknya karbon yang terserap saat tumbuhan melakukan proses fotosintesis itu disebabkan lebih banyak nitrogen yang memungkinkan untuk dapat dibuat dalam kondisi suhu tanah hangat.
Selama ini pohon-pohon yang ada di Amerika Serikat umumnya sangat terbatas kandungan nitrogennya. Pemanasan global telah memerangkap senyawa nitrogen di dalam tanah berupa nitrogen organik, untuk dilepaskan sebagai senyawa anorganik. Ketika pohon menyerap nitrogen anorganik ini, pertumbuhannya akan lebih cepat dan menampung lebih banyak karbon.
Keseimbangkan jumlah karbon di ekosistem hutan untuk dekade-dekade selanjutnya di saat fenomena perubahan iklim juga terjadi, akan sangat bergantung pada aneka faktor lain. Faktor ketersediaan air, efek peningkatan temperatur bagi fotosintesis dan respirasi, serta konsentrasi karbondioksida di lapisan atmosfer.

sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar